FUNGSI DAN TUJUAN
Pendidikan anak usia dini memiliki
fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi
perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial
dan emosional.
Berbagai hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang
dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan
selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup dalam lingkungan (baik di
rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan
kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka
sudah mempunyai modal untuk membaca.
Sehubungan dengan fungsi-fungsi
yang telah dipaparkan tersebut, maka tujuan pendidikan anak usia dini
dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
- Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
- Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar